Site Overlay

Waspadai Infeksi Jamur Hitam, Ketahui Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya!

Suara. com – Saat ini, jumlah orang yang terinfeksi cendawan hitam terus meningkat. Para ahli pun menyebut status ini sebagai pandemi dalam tengah pandemi virus corona Covid-19.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan tubuh India mengatakan infeksi jamur hitam ini rentan berlaku pada orang yang reda dari virus corona Covid-19, terutama orang yang melaksanakan perawatan medis menggunakan corong bantu oksigen di ICU.

Penggunaan cara bantu oksigen selama pembelaan medis di ICU bisa meningkatkan risiko infeksi jamur hitam, karena kelembapan dengan berlangsung lama.

Selain tersebut dilansir dari Times of India, penggunaan air genahar biasa dalam pengukur deraian tabung oksigen juga bisa menyebabkan penyebab infeksi jamur hitam. Kasus ini juga bisa dipicu oleh jalan pemipaan dan pelembap oksigen yang tercemar jamur.

Baca Serupa: Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Insomnia, Begini Cara Mengatasinya!

Sistem kekebalan yang lesu, konsumsi steroid yang sungguh-sungguh banyak, terapi vorikonazol & diabetes juga bisa mendirikan seseorang berisiko tinggi alami infeksi jamur hitam.

Ilustrasi pasien covid-19, infeksi jamur hitam(Shutterstock)

Gejala infeksi jamur hitam

Gejala umum infeksi cendawan hitam meliputi perubahan warna pada hidung dan lidah, penglihatan kabur, masalah pernapasan, nyeri dada, batuk disertai darah, kemerahan pada tanda, demam, batuk, sakit kepala, lesi hitam di mulut dan muntah.

Pengobatan dan pencegahan infeksi jamur hitam

Injeksi amfotesirin-B merupakan pengobatan utama untuk infeksi jamur hitam. Suntikan amfotesirin-B itu termasuk obat antijamur. Jika terinfeksi, pasien harus dirawat di bawah perlindungan ketat ahli bedah sembrono, spesialis THT dan lihai bedah saraf karena infeksi itu mempengaruhi berbagai arah tubuh secara bersamaan.

Baca Serupa: Ilmuwan Jerman Temukan Virus Corona Bisa Menginfeksi Sapi

Masa dibutuhkan tindakan pembedahan, oleh karena itu semua jaringan yang terinfeksi jamur hitam harus diangkat demi menyelamatnya nyawa. Sebab, beberapa diantara kita akan kehilangan penglihatan mereka dan rahang untuk dalam beberapa kasus.

Scroll Up