Site Overlay

Wanita Harus Waspada Perut Bengkak Terus-menerus, Bisa Jadi Kanker Ovarium!

Suara. com kacau Studi Liga Kanker Ovarium Dunia, menemukan bahwa 9 dari 10 wanita mengalami beberapa isyarat kanker ovarium sebelum didiagnosis. Salah satu gejala kanker ovarium adalah komplikasi makan, tercatat merasa kenyang dalam periode cepat saat makan, mengecap sakit di perut ataupun panggul.

Wanita juga kudu mewaspadai perubahan frekuensi lempar air kecilnya yang bertambah sering dan perut bengkak. Karena, kondisi itu juga boleh jadi gejala lain lantaran kanker ovarium.

Semua gejala utama kanker ovarium itu harus diperhatikan setiap wanita. Ada pula beberapa perubahan tubuh yang juga perlu diwaspadai sebagai tanda kanker ovarium.

  1. Perubahan kebiasaan buang air besar
  2. Pendarahan tidak normal
  3. Kelelahan ekstrim
  4. Penurunan berat badan tanpa sebab
Ilustrasi lara perut, perut kembung, kram perut, maag. (Shutterstock)

Perhatikan bahwa setiap perdarahan pasca menopasue harus selalu diperiksa oleh penyedia layanan kesehatan. Menopause artinya Anda 12 kamar berturut-turut tidak menstruasi, oleh karena itu perdarahan abnormal apapun mengacu pada perdarahan vagina setelah menopause.

Baca Juga: Deteksi Kanker Kolorektal, Perdata Diare dan Nyeri Perut

Menurut Koalisi Kanker Ovarium Dunia dilansir dari Express , semua wanita berisiko tersentuh kanker ovarium. Tapi, penyakit ini lebih sering berlaku ketika wanita telah melewati batas usia 50 tahun.

Wanita yang memiliki sejarah keluarga kanker ovarium, payudata, endometrium atau kolekteral mampu berisiko tinggi menderita kanker ovarium.

Faktor risiko lainnya termasuk, wanita yang belum melahirkan, wanita yang menjalani terapi hormon dan wanita yang memiliki riwayat endometriosis.

Menurut prediksi Globocan tahun 2020, total wanita di seluruh negeri yang didiagnosis dengan kanker ovarium akan meningkat hampir 42 persen pada 2040 mendatang.

Saat ini, kanker ovarium adalah kanker menyesatkan umum ketujuh di antara wanita di seluruh dunia. Bahkan skrining kanker serviks rutin belum bisa mendeteksi kanker ovarium.

Baca Juga: Obat Kanker Bisa Mencegah Covid-19 Makin Pelik, Apa Itu?

Karena itu, semua wanita menetapkan mewaspadai gejalanya. Karena, diagnosis kanker ovarium yang lekas sebelum menyebar ke bagian tubuh lain lebih barangkali ditangani medis.

Scroll Up