Site Overlay

Waduh, Obat Cacing buat Pedati Digunakan untuk Mengobati Covid-19

Perkataan. com – Pandemi Covid-19 sudah berlaku lebih dari setahun, akan tetapi masih saja ada karakter yeng menggunakan sembarangan obat untuk mengobati Covid-19, tercatat antara lain obat anti-parasit, kaya obat cacing buat sado.

Belum ada bukti berpengaruh jika obat cacing ivermectin efektif untuk Covid-19, namun menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat, yakni FDA, yang menyebut bahwa obat tersebut digunakan untuk mengobati cacingan pada manusia, dan cara oles kerap digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Penggunaan ivermictin buat Covid-19 terjadi karena adanya informasi yang salah mengenai obat tersebut. Pada tahun lalu, para peneliti Australia menemukan jika obat itu dalam dosis besar membuktikan kemampuan melawan virus corona di cawan laboratorium.

Sayangnya, penelitian ini tidak menyelenggarakan pengujian langsung pada pribadi. Jika pun sudah tersedia, hasilnya tidak jelas atau efeknya beragam dan bertentangan pada setiap orang.

Baca Selalu: Profesor Ungkap Tanaman Obat Virus Corona Ada dalam Alquran

Sehingga Infectious Disease Society of America merekomendasikan biar ivermectin tidak digunakan untuk Covid-19 di luar uji klinis.

Bahkan yang parahnya, beberapa diantara kita menggunakan obat tersebut untuk dosis yang seharusnya diberikan pada hewan, yaitu kuda, karena dosis yang diberikan pada manusia benar sulit diakses.

FDA sendiri sudah menerima banyak informasi terkait orang yang dirawat di RS setelah menggunakan obat ivermectin yang dosisnya diperuntukkan bagi kuda.

Dosis untuk hewan tapi dikonsumsi manusia, efeknya bisa sangat berbahaya, serupa beracun hingga overdosis, yang menyebabkan mual, muntah, lagu darah rendah, reaksi alergi, koma, bahkan kematian. Duh, jangan ditiru ya!

Baca Selalu: Titik Benar, Ilmuwan Membuat Obat Covid-19 Oral yang Dinilai Menjanjikan