Site Overlay

Virus Corona Varian Delta Bikin Heboh, Ini Kelompok Karakter yang Cenderung Terlindungi

Suara. com – Virus corona varian Delta telah dikategorikan sebagai varian perhatian atau variant of concern (VOC), karena lebih mudah menular dan merembet. Varian Delta ini pertama kali ditemukan di India yang dikenal sebagai varian B. 1. 617. dua.

Karena, varian Delta mempunyai dua mutasi, antara lain E484Q dan L452R dengan membuatnya lebih mudah menembus sistem kekebalan manusia & menyerang organ tubuh yang lain.

Selain tersebut, varian Delta juga cenderung mengubah struktur protein yang lebih efisien untuk menempelkan dirinya ke sel pribadi. Karena itu, varian Delta berkembang biak dengan lekas dan menyebabkan banyak keburukan pada organ tubuh.

Kamu pasti sudah paham karakter yang belum vaksin Covid-19 dan orang dengan komorbiditas paling berisiko terinfeksi varian Delta.

Baca Juga: Virus Corona Varian Delta Masuk Sumbar, Jubir Satgas: Ingin Selamat Segera Vaksin

Tapi kini, sebuah studi baru telah melahirkan daftar orang-orang yang jalan terlindungi dari varian Delta tersebut.

Menurut penelitian sebab Dewan Penelitian Medis India, Institut Virologi Nasional, Bagian Bedah Saraf, Rumah Kecil Komando (Komando Selatan), Sekolah Tinggi Kedokteran Angkatan Bersenjata, Pune, bahwa penyintas Covid-19 dan telah menerima suntikan vaksin Covid-19 penuh memiliki perlindungan maksimal dari infeksi varian Delta.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Dilansir dari Times of India , studi ini melihat respons imun dari 5 kategori orang, antara lain:

  1. Orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 sekali
  2. Orang yang sudah menyemprot vaksin Covid-19 dua kala
  3. Orang dengan sudah pulih dari virus corona Covid-19 dan menyambut suntikan vaksin sekali
  4. Orang yang telah pulih dari virus corona Covid-19 dan menerima besar kali suntikan vaksin Covid-19
  5. Terobosan kasus Covid-19

Berdasarkan penelitian, kasus terobosan dan pasien virus corona Covid-19 yang pulih sudah menerima satu atau dua kali suntikan vaksin memiliki perlindungan relatif lebih luhur untuk varian Delta, dipadankan orang yang belum menyemprot vaksin sedikit pun.

“Vaksinasi dipercaya bisa mencegah infeksi payah yang memberikan bukti bahwa respons imun humoral dan seluler memainkan peran penting dalam perlindungan, ” sahih studi tersebut.

Baca Juga: Para Ahli Percaya Virus Corona Varian Lambda Punya Mutasi Berbeda, Serupa Apa?