Site Overlay

Vaksinasi Covid-19 di Jawa-Bali Ditargetkan Capai 70 Persen Populasi Pada September

Suara. com awut-awutan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengirimkan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 untuk pulau Jawa & Bali harus segera terselesaikan. Target dari Presiden Joko Widodo agar sedikitnya 70 persen populasi di dua pulau tersebut sudah disuntik vaksin pada September belakang.

“Memang bapak Presiden mengantarkan, dipastikan bahwa aglomerasi tujuh (provinsi) di Jawa plus Bali kalau bisa cepat diselesaikan dengan minimal 70 persen sudah tercapai di dalam September, ” kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube Kepresidenan RI, Senin (9/8/2021).

Pemerintah selalu menargetkan percepatan vaksinasi di luar Jawa-Bali dengan mendahulukan 45 Kabupaten/Kota untuk memperoleh tambahan dosis vaksin.

Menkes Budi mengatakan, 45 Kabupaten/Kota di luar Jawa-Bali itu perlu digenjot vaksinasinya sebab juga alami lonjakan kasus positif saat ini. Selain itu, menjelang perhelatan Minggu Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, karenanya pemerintah juga menggencarkan vaksinasi di pulau tersebut.

Baca Juga: Profesor Zubairi Djoerban Jelaskan Alasan Penting Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

“Khususnya untuk 5 Kabupaten/Kota, Jayapura, kota Jayapura, Kabupaten Karo, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika. Telah dikeluarkan instruksi Mendagri buat dilakukan vaksinasi sebelum akhir September karena persiapan PON untuk Papua, ” ucapnya.

Data Kementerian Kesehatan bohlam 9 Agustus 2021 jam 18. 00 WIB tercatat bahwa telah ada 50, 83 juta orang yang sudah mendapatkan suntikan jumlah pertama vaksin Covid-19. Sedangkan dosis kedua vaksin segar diterima oleh 24, 61 juta orang.

Pemerintah menargetkan 208, 26 juta populasi di Indonesia harus memperoleh vaksinasi Covid-19 agar terbentuk kekebalan kelompok. Vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini sudah bisa diberikan berangkat dari usia 12 tarikh. Juga bisa diberikan pada kelompok ibu hamil serta menyusui.