Site Overlay

Update Covid-19 Global: WHO Ingatkan Negeri Tetap Waspada Meski Ada Vaksin

Suara. com berantakan Update Covid-19 ijmal hari ini, seperti dikutip daripada situs worldometers, infeksi baru di dunia kembali meningkat hingga 684. 085 kasus dalam satu keadaan. Totalnya, hingga Sabtu (5/12) memukul 08. 41 WIB, angka infeksi Covid-19 telah lebih dari 66, 22 juta kasus tersebar pada 220 negara.

Jumlah orang meninggal akibat Covid-19 juga bertambah 12. 121 jiwa dalam satu hari kemarin. Jumlah seluruhnya mencapai 1, 52 juta jiwa di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan seluruh pemimpin negeri dan masyarakat jangan melepaskan kecermatan terhadap Covid-19 meski vaksin kian dekat dengan tahap akhir. Taat WHO, sistem perawatan kesehatan masih bisa goyah di bawah lagu junlah kasus yang masih bertambah setiap hari.

“Kemajuan dalam vaksin meluluskan kita semua dorongan dan saat ini kita dapat mulai melihat cahaya di ujung terowongan. Namun, WHO khawatir bahwa ada persepsi yang berkembang bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir, ” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers Jenewa, dikutip sejak Channel News Asia.

Baca Juga: Anak obat Tanpa Gejala Tidak Akan Alamiah Long Covid

Tedros menambahkan bahwa masih ada jalan panjang untuk menghentikan pandemi.

“Kami tahu ini merupakan tahun yang sulit dan orang-orang lelah, tetapi di rumah kecil yang beroperasi melebihi kapasitas tersebut yang paling sulit, ” katanya.

“Sebenarnya saat ini, banyak tempat menyaksikan penularan virus COVID-19 yang sangat tinggi, yang memberikan tekanan tinggi pada rumah sakit, unit pembelaan intensif dan petugas kesehatan, ” ujarnya.

Sejak muncul pertama kali di Wuhan, China, pada akhir tahun lulus, virus corona telah menyebar ke 220 negara di dunia. Semenjak awal tahun 2020, Cina membatasi pergerakan masyarakatnya hingga kasus mampu ditekan. Jumlah kasus Covid-19 zaman ini di Cina sebanyak 86. 601 kasus, peringkat ke-75 dalam dunia.

Sedangkan kasus terbanyak saat tersebut justru ada di Amerika Serikat, dengan lebih dari 14, 77 juta infeksi. Data yang dihimpun dari situs worldometers, 14 negeri telah memiliki jumlah infeksi bertambah dari 1 juta kasus.

Baca Juga: Saat Vaksin Covid-19 Tersedia, Apakah Anak-Anak akan Mendapatkannya?

Scroll Up