Site Overlay

Untuk Pertama Kalinya Dalam 25 Tahun, Pantai Gading Temukan Kasus Ebola

Suara. com – Miring Gading melaporkan temua peristiwa Ebola pertama dalam 25 tahun. Temuan kasus Ebola menjadi perhatian serius, menetapi dunia termasuk benua Afrika tengah dilanda pandemi Covid-19.

Dilansir ANTARA, Menteri Kesehatan Pierre Dimba mengatakan peristiwa Eboa ditemukan pada seorang gadis berusia 18 tahun yang melakukan perjalanan sebab negara tetangga Guinea.

Sementara itu, WHO mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Pantai Gading mengonfirmasi kasus pertama Ebola dalam negara itu sejak 1994.

“Ini terjadi setelah Institut Pasteur di Pantai Gading mengonfirmasi Penyakit Virus Ebola dalam sampel yang dikumpulkan dari seorang pasien, yang dirawat di rumah rendah di ibu kota komersial Abidjan, setelah tiba sejak Guinea, ” kata WHO dalam pernyataannya.

Baca Juga: Sangat Menular, WHO Peringatkan Virus Marburg Berpotensi Menyebar Luas

ilustrasi virus Ebola. (Shutterstock)

WHO mengatakan penyelidikan pokok menemukan pasien itu telah melakukan perjalanan ke Miring Gading melalui jalan darat dan tiba di Abidjan pada 12 Agustus.

“Pasien itu dirawat di panti sakit setelah mengalami demam dan saat ini padahal menjalani perawatan, ” katanya.

Guinea – lokasi wabah Ebola 2014-2016 yang memutar mematikan dalam catatan berantakan mengalami wabah Ebola 4 bulan awal tahun itu yang dinyatakan berakhir dalam 19 Juni.

Guinea awal pekan itu juga mengonfirmasi kasus mula-mula virus Marburg di Afrika Barat. Penyakit virus Marburg adalah demam berdarah yang sangat menular mirip dengan Ebola.

Penularan kedua aib mematikan tersebut terjadi mencuaikan kontak dengan cairan serta jaringan tubuh yang terinfeksi, sedangkan gejalanya antara lain sakit kepala, muntah pembawaan, nyeri otot dan pendarahan.

Mengucapkan Juga: WHO Sebut Virus Marburg Sangat Menular, Kenali 8 Gejalanya

WHO mengatakan tak ada indikasi kasus zaman ini di Pantai Gading terkait dengan wabah pada Guinea awal tahun ini. Dikatakan penyelidikan lebih sendat dan pengurutan genom bakal mengidentifikasi jenis virus dan menentukan apakah ada hubungannya.