Site Overlay

Telemedis Bisa Bantu Ibu Hamil Saat Pandemi, Bagaimana Caranya?

–>

Suara. com kepala Telemedis menjadi satu diantara pilihan bagi ibu hamil yang ingin berkonsultasi ke dokter pada tengah pandemi Covid-19.

Dengan telemedis, pokok hamil bisa meminimalisir pertemuan secara banyak orang dan mengurangi risiko paparan virus Corona.

Tapi, apakah memanfaatkan telemedis sangat efektif dalam membantu para ibu hamil untuk melakukan konsultasi di masa pandemi?

Spesialis Kebidanan serta Kandungan di RS Pondok Peduli, dr. Yassin Yanuar Mohammad, M. Sc., SpOG-KFER mengatakan penggunaan telemedis ini tergantung kondisi ibu berisi.

“Jadi memang tergantung beberapa kondisi, kaya ibu hamil disarankan perlu pegari ke rumah sakit atau mampu konsultasi virtual atau dokter dengan perlu datang ke rumahnya, ” ujar dr Yassin dalam keterangannya secara virtual, Rabu (7/10/2020).

Ia membaca jika kondisi seperti mengalami muntah-muntah, mengalami pendarahan, kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala berkuasa, tidak merasakan gerakan janin, dan kejang maka perlu mendapatkan perawatan intensif oleh tenaga medis pada rumah sakit.

Lebih lanjut, dia menerangkan telemedis ini digunakan bukan hanya sekadar konsultasi medis antara penderita dan tenaga kesehatan secara tenggang jauh, tetapi juga menawarkan kemudahan bagi pasien dan juga tenaga medis dalam mengetahui berbagai peristiwa terkait diagnosis, kondisi bahkan hingga pemantauan.

Secara pemanfaatan yang optimal melalui telemedis, akan membuat pelayanan kesehatan bahan lebih efisien baik dari bidang waktu dan biaya.

Penerapan telemedis itu juga dinilai penting saat suasana pandemi.

Sementara, satu diantara pasien bernama Meidina Iskandar menceritakan awalnya saat berisi memang khawatir.

Scroll Up