Site Overlay

Studi: Pasien Covid-19 Bisa Alami Infeksi Jamur Langka, Sebabkan Kebutaan

Suara. com – Dokter pada Rumah Sakit Sir Ganga Bingkai Delhi telah menyatakan bahwa Covid-19 mungkin bisa menyebabkan infeksi cendawan langka. Dalam hal ini SARS-CoV-2, virus corona Covid-19 bisa menjalar ke paru-paru dan kulit.

Melansir lantaran Healthshots , para dokter di Rumah Sakit Rahasia Ganga Ram Delhi (SGRH) membenarkan infeksi penyebab pandemi ini selalu dapat memicu infeksi jamur yang mematikan, yakni mukormikosis.

Menurut penelitian Hamka Gunawan Marpaung dari Universitas Indonesia menyatakan bahwa Mukormikosis merupakan infeksi cendawan oportunistik fulminan yang disebabkan oleh jamur yang termasuk famili Mocoraceae, ordo Mucorales, dan kelas Zygomicetes.

Passien yang terkena jamur ini mampu mengalami keluhan nyeri dan baal pada mata dan wajah dengan diikuti dengan conjunction suffusion dan penglihatan kabur. Jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebar ke sinus etmoid hingga ke orbita menyebabkan kerusakan fungsi otot extraokular dan proptosis disertai chemosis.

Baca Juga: Pegawai Positif Covid-19, Pengadilan Jati Makassar Masih Buka Layanan Ini

“Dalam 15 hari terakhir, ahli bedah THT telah melihat 13 kasus mukormikosis yang dipicu sebab Covid-19 pada lebih dari 50 persem pasien, dengan kehilangan pandangan dan pengangkatan tulang hidung dan rahang, ” catat laporan para-para dokter di SGRH.

Kematian saat ini terlihat di kisaran 50 obat jerih (lima pasien) dengan keterlibatan perkara otak. Sementara sekitar 50 persen pasien kehilangan penglihatan mereka secara permanen. Lima dari pasien itu membutuhkan dukungan perawatan kritis karena komplikasi tersbeut.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

“Frekuensi kita menyaksikan terjadinya mukormikosis yang dipicu oleh Covid-19 dengan morbiditas dan mortalitas agung belum pernah terlihat sebelumnya & sangat mengejutkan serta mengkhawatirkan, ” kata Manish Munjal, ahli bedah senior THT di SGRH.

“Kecurigaan klinis dini pada gejala seperti hidung tersumbat, bengkak di mata atau pupur, serta kerak hitam kering pada hidung harus segera dilakukan biopsi di OPD dan dimulainya terapi antijamur sedini mungkin, ” tambahan Varun Rai, konsultan ahli bedah THT di SGRH mengatakan.

Baca Juga: Khusus untuk Atlet: Periksa Jantung Meski Telah Sembuh dari Covid-19