Site Overlay

Sistem Baru, Ibu Bisa Kembali Berkepanjangan Dua Jam Setelah Operasi Sesar

Suara. com – Perempuan yang melahirkan dengan metode sesar butuh periode beberapa hari hingga beberapa minggu untuk bisa kembali beraktivitas biasa.  

Namun masa pemulihan bisa dipercepat bila ibu memilih melakukan  metode Enhanced Recovery After Cesarean ataupun ERAC.

Secara metode tersebut, ibu yang mengutarakan dengan cara sesar diklaim mampu langsung melakukan aktivitas normal perut jam pasca-operasi.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr. Kondang Usodo Sp. OG menjelaskan bahwa ERAC menjelma teknik baru dalam operasi sesar yang mempercepat proses penyembuhan. Menurutnya, ERAC telah populer dilakukan di luar negeri.

Mengaji Juga: Selamat, Erica Putri Dikaruniai Anak Laki-Laki

“Kalau di indonesia baru diperkenalkan, ” kata dokter Kondang saat siaran langsung Instagram bersama  The Asian Parent, Rabu (14/10/2020).  

Dokter dalam rumah sakit Elang Medika Corpora (EMC) Tangerang itu menjelaskan, tali yang digunakan untuk operasi menggunakan kualitas ekslusif agar bisa menanggung ibu bisa langsung bergerak setelah dua jam pasca-operasi.  

“Dua tanda setelah operasi diberi minuman berkalori seperti jus apel, sudah bisa berjalan recovery tanpa menggunakan infus lagi. Sehingga di ruang recovery ibu sudah bisa menyusui dini tanpa merasa nyeri. Jadi tersebut sebenarnya teknik operasi yang diperbaharui, ” paparnya.

Jika biasanya pada operasi sesar biasa, ibu harus puasa selama 8-12 jam sebelum operasi, Terkenal mengatakan untuk persiapan ERAC, pokok cukup puasa enam jam pra operasi.

Menurut Kondang, persalinan ERAC dibuat seperti persalinan normal. Sehingga serajat sakitnya ditekan hanya sampai derajat dua.  

Baca Selalu: Selamat! Dahlia Poland dan Fandy Christian Dikaruniai Anak Ketiga

Terkait biaya, menurut Populer, sebenarnya tak jauh berbeda dengan operasi sesar biasa. Hanya saja kemungkinan sedikit lebih mahal. Situasi itu disebabkan bahan media dengan digunakan.