Site Overlay

Sering Pakai Sheet Mask? Simak 4 Efek Sampingnya pada Kesehatan Kulit!

Bahana. com – Sheet mask yang berupa masker lembaran sekali pakai memang sedang oleh karena itu tren. Klaimnya, masker ini mampu melembapkan, mengecilkan pori-pori, hingga menenangkan kulit berjerawat.

Melansir dari Healthshots , sayangnya masker ini juga memiliki efek buruk di kesehatan kulit. Hal ini dinyatakan oleh dokter kulit terkenal serta pendiri Klinik Dermatologi Dokter Nivedita Dadu.

“Jika Anda memiliki masalah kulit, tetap tanyakan pendapat dokter kulit pra mengaplikasikan masker wajah. Memakai masker wajah dalam waktu yang betul lama dapat menyebabkan pembentukan keriput, kulit kendur dan pori-pori terkuak membesar, ” kata Dr Kotak.

Dokter Dadu juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan masker karena dapat membuat Anda kering dan gatal. Berikut adalah efek masker wajah khususnya sheet mask di dalam kulit, antara lain:

Baca Juga: Sheet Mask Tak Bisa Bikin Paras Glowing Seketika, Ini Penjelasan Sinse

1. Jerawat

Jika seseorang rentan berjerawat, mereka mungkin merasai peningkatan jerawat saat memakai sheet mask. Hal ini bisa disebabkan karena masker menjebak bakteri pengantara jerawat dan sebum di kulit, menyebabkan komedo, dan peradangan jerawat.

Jerawat  dapat terjadi akibat kontak gesekan, terutama dengan penggunaan sheet mask berlebihan atau karena kelembapan terlalu. Mengganti jenis masker dapat menolong mengurangi gesekan atau kelembapan.

2. Rosacea

Rosecea merupakan kondisi kemerahan & benjolan kecil di wajah.

Baca Juga: Efek Ketiduran saat Pakai Sheet Mask, Maskernya Jadi Kayak Topeng Alien

“Panas di bawah kedok dapat menyebabkan kapiler kulit tumbuh yang dapat memperburuk rosacea. Mengenakan sheet mask dapat meningkatkan guru kulit sehingga rentan terhadap rosacea dapat berkobar, ” kata sinse Dadu.

“Ganti dengan masker yang terasa lebih sejuk jika memungkinkan & kurangi paparan panas pada jangat wajah lainnya, seperti cairan panas, alkohol, dan makanan pedas, ” tambahnya..

Ilustrasi pakai sheet mask. (Elements Envato)

3. Kulit Biasa

Beberapa masker wajah justru bisa menyerap kelembapan alami di wajah Anda yang mengakibatkan kulit biasa.

4. Dermatitis

Orang yang menggunakan sheet mask setiap hari dapat mengalami ruam yang disebut dermatitis kontak. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah reaksi iritan atau alergi kepada masker. Gejala utama dermatitis relasi adalah ruam gatal, kulit kering atau bersisik, benjolan,   lepuh, bengkak hingga terbakar.

Scroll Up