Site Overlay

Satgas Covid-19 Sebut Kasus Virus Corona di Indonesia Turun 7, 4 Persen

–>

Suara. com – Indonesia melaporkan penurunan kasus Covid-19 mingguan secara nasional hari itu, Selasa (6/10/2020).

Juru Bicara Satuan Suruhan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengutarakan secara nasional jumlah kasus meyakinkan Covid-19 secara mingguan mengalami kemerosotan sebesar 7, 4 persen.

“Pada level nasional terjadi penurunan kasus positif sebesar 7, 4 persen dibandingkan secara pekan sebelumnya, ” ujar Wiku dalam jumpa pers, Selasa (6/10/2020).

Kemudian lima provinsi yang menyumbang kejadian positif tertinggi berbeda dari minggu lalu.

Lima provinsi yang pekan lalu masuk dalam lima besar provinsi penyumbang kenaikan kasus tertinggi yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Jawa Tengah tak lagi masuk dalam kelompok lima besar tersebut di pekan ini.

“5 besar provinsi secara kenaikan kasus tertinggi pada minggu ini seluruhnya berbeda dari minggu sebelumnya. Ini artinya bagi Jawa Barat, DKI Jakarta Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Jawa Sedang yang minggu lalu masuk ke dalam lima besar seluruhnya sanggup menekan angka kasusnya dengan tertib bahkan mengalami penurunan jumlah urusan mingguan, ” ucap dia.

Wiku kendati mengapresiasi lima provinsi tersebut dengan dapat menekan angka Covid-19.

“Kami apresiasi pada lima provinsi ini dan tanpa berpuas diri, tetap tekan kejadian terus angka kasusnya hingga tidak ada penambahan kasus sama sekali, ” kata Wiku.

Kemudian kata Wiku, lima provinsi yang menjadi penyumbang kenaikan kasus tertinggi yakni Provinsi Maluku naik menjadi 152 kejadian, Riau naik menjadi 131 peristiwa, Gorontalo naik 107 kasus, Sulawesi Barat naik menjadi 99 peristiwa dan Aceh naik menjadi 97 kasus.

“Bila dibandingkan dengan minggu lalu, kenaikan kasus di Jawa Barat, DKI Jakarta itu angkanya ribuan, yaitu 1. 700, 1. 002, dan minggu ini kenaikannya diduduki provinsi yang kami sebutkan. Dan angkanya ratusan, ” ucap dia.