Site Overlay

Pengkaji: Lingkungan dan Udara Sekitar Pasien Covid-19 Mudah Terkontaminasi

–>

Bahana. com – Sebuah penelitian dari University of Nebraska Medical Center mengamati bagaimana suasana dan lingkungan terkontaminasi SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19. Studi tersebut telah diterbitkan di Nature Scientific Reports.

Melansir sejak Medical Xpress , para peneliti memeriksa permukaan & sampel udara di 11 tempat isolasi 13 pasien poitif Covid-19.

Hasilnya, para-para peneliti menunjukkan bahwa berbagai permukaan terkontaminasi virus corona. Sementara saluran udara mengandung tingkat kontaminasi virus yang cukup tinggi.  

Tak cuma di ruang isolasi, pada uji sampel udara dari lorong pada luar kamar pasien juga dinyatakan positif terkontaminasi virus.

Bukti ini menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 bisa menyebar luas di lingkungan pasien yang terinfeksi.  

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontaminasi virus di lingkungan dan udara juga bisa disebarkan oleh pasien dengan gejala ringan.

Hal ini yang membuat para peneliti merekomendasikan tindakan pencegahan yang sesuai standar untuk menekan penyebaran lewat udara.  

“Studi seperti ini diperlukan untuk memahami tindakan pencegahan yang tepat bagi petugas kesehatan dan orang lain yang merawat pasien, ” kata Joshua Santarpia, ahli patologi dan mikrobiologi dari University of Nebraska Medical Center.

“Penelitian yang sedang berlangsung ini akan terus meningkatkan pemahaman kami tentang penularan SARS-CoV-2 dan membantu mengidentifikasi cara untuk meningkatkan keamanan di dalam perawatan pasien Covid-19, ” tambahnya.

Peneliti menyarankan untuk rutin melakukan pembersihan secara hati-hati serta melakukan disinfeksi ke berbagai permukaan, termasuk kawasan mandi. Mereka juga merekomendasikan penggunaan alat pelindung diri yang memadai.

Scroll Up