Site Overlay

Pengkaji Buktikan Virus Corona Covid-19 Menyebar Cepat di Restoran

–>

Bahana. com – Saat ini jumlah kasus positif virus corona Covid-19 di dunia mencapai 4, 5 juta orang dan jumlah kematian mencapai lebih dari 300 ribu orang.

Para peneliti pun berusaha memahami dan menemukan penyebab virus corona Covid-19 itu menyebar dengan cepat dan mematikan.

Seorang angkasawan publik NHK dan dokter ahli penyakit pun membuat sebuah penelitian video menggunakan zat fluoresen buat menunjukkan seberapa cepat kuman bisa menyebar di berbagai permukaan pada restoran, prasmanan dan kapal berpelesir.

Percobaan ini dimulai dengan 1 tamu dari 10 orang disebuah restoran pramanan yang menggunakan zat fluoresen ditangani sebagai pengganti virus corona Covid-19.

Saat makan, semua tamu berperilaku dengan cara biasa. Mulai lantaran memiliki peralatan makan, memilih sasaran yang dinikmati, memeriksa ponsel & kebiasaan sehari-hari seperti biasanya.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Pada akhir percobaan, para peneliti menyalakan cahaya hitam yang menunjukkan zat fluoresen di tangan satu diantara peserta yang sudah menyebar ke piring, peralatan makan dan semesta wajah tamu.

Eksperimen ini menyimpulkan betapa mudahnya sebuah virus bisa menyebar antar manusia di restoran.

Karena itu, tindakan pencegahan yang tepat sangat istimewa untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona Covid-19 lebih luas.

Eksperimen ke-2 di lingkungan yang sama menunjukkan pentingnya mempraktikkan teknik kebersihan dengan tepat. Orang yang sudah terkena dan pengunjung lainnya mencuci lengah mereka berkali-kali.

Semua peserta mencuci tangan sebelum dan setelah makan dengan peralatan makan yang dibersihkan & diganti lebih sering dari lazimnya.

Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Seorang profesor klinis dalam patologi di Universitas Hong Kong dilansir oleh Express, menunjukkan bagaimana virus itu menyebar ke permukaan dan setiap orang dengan efisien.

“Saya pikir video itu benar-benar menyoroti sejauh mana kebersihan untuk menghentikan penyebaran virus, ” katanya.

David Veesler, seorang ahli virologi struktural di University of Washington pada Seattle mengatakan pemahaman mengenai transmisi virus adalah kunci penahanan & pencegahan penularan virus di era depan.

“Virus baru ini menyebar jauh lebih mudah daripada yang lain dan menyebabkan sindrom pernapasan parah (SARS) serta menginfeksi lebih dari jumlah orang yang tertular SARS, ” kara David.

Scroll Up