Site Overlay

Penggunaan Obat Cacing selama Berisi Mengurangi Risiko Kematian Neonatal

Suara. com – Lebih dari 25 persen populasi dunia atau lebih dari 1, 5 miliar orang menghadapi efek infeksi cacing yang ditularkan melalui tanah atau Soil Transmitted Helminth (STH), marga parasit usus yang telurnya berkembang di tanah sebelum menemukan inang baru.

Pengantara utama tingginya angka infeksi ini adalah kurangnya kanal ke fasilitas sanitasi (toilet) yang memadai dan akibatnya lingkungan menjadi tercemar sebab kotoran manusia.

Untungnya, menyadur Medical Xpress , obat cacing yang saat tersebut ada sangat efektif & aman.

Terkait hal tersebut, peneliti dari Syracuse University, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan SUNY Upstate mengukur dampak konsumsi obat cacing selama kehamilan terhadap risiko kematian neonatal dan mengandung badan lahir rendah.

Baca Juga: CEK PETUNJUK: Benarkah Ada Cacing Ataupun Ulat Pada Masker Impor Buatan China?

Menuntut ini menemukan ibu dengan mengonsumsi obat cacing selama hamil menurunkan risiko janji janin sebesar 14 komisi dalam empat minggu perdana setelah lahir.

Ilustrasi ibu hamil. [Shutterstock]

“Wanita hamil yang menerima obat cacing dikaitkan dengan penurunan 14 komisi risiko kematian neonatal, minus perbedaan antara negara transmisi tinggi dan rendah, ” kata Bhavneet Walia lantaran Departemen Kesehatan Masyarakat, Universitas Syracuse, New York, AS.

Tidak hanya itu, belajar ini juga menunjukkan pengobatan cacing menurunkan risiko berat badan lahir rendah dalam bayi hingga 11 tip, meski cukup bervariasi di kaitannya dengan tingkat transmisi di berbagai negara.

Jadi, temuan tersebut mendorong peningkatan upaya ijmal untuk distribusi obat cacing secara luas bagi wanita hamil. Upaya global buat mengurangi infeksi STH selalu dinilai terjangkau, dan manfaatnya jauh lebih besar daripada biaya program.

Selama ini, WHO telah mengoordinasikan transmisi obat-obatan ke negara-negara yang memintanya. Kemudian, obat ini didistribusikan secara bebas semasa kampanye pengobatan massal.

Baca Serupa: Waduh, Obat Cacing buat Kuda Dimanfaatkan untuk Mengobati Covid-19

Pemberian obat cacing secara berkala harus tersedia untuk anak-anak dan semua perempuan hamil di negara endemis.

Namun, obat cacing bukanlah satu-satunya jawaban. Solusi langgeng hanya dapat diperoleh secara peningkatan substansial dalam kanal ke sanitasi, sebuah jalan yang biasanya lambat dan mahal.