Site Overlay

Peneliti: Akhiri Pandemi dengan Pakai Kedok, Jaga Jarak, dan Cuci Tangan

–>

Pandangan. com – Peneliti: Akhiri Pandemi dengan Memakai Masker, Jaga Jarak, dan Basuh Tangan 

New Normal di banyak negara sudah dimulai, meski peristiwa positif Covid-19 masih meningkat. Mencantumkan masker kini jadi keharusan saat pergi keluar rumah, terlebih masa bertemu orang lain. Sebuah penelitian mengungkap masker menyelamatkan lebih sejak 140. 000 orang di Italia dan New York dari Covid-19.

Mengambil Daily Mail, Selasa (16/6/2020), pengkaji melakukan riset tentang dampak masker yang diterapkan pada 6 April di Italia dan 17 April di New York.

Hasilnya, infeksi virus corona berkurang lebih dari 78. 000 orang di 6 April hingga 9 Mei. Sedangkan di New York, jumlah penularan berkurang hingga 66. 000 orang semenjak 17 April hingga 9 Mei.

Masa pemakaian masker mulai berlaku pada New York, tingkat kasus hangat setiap hari turun hingga 3 persen per hari.

Baca Juga: Mengejawantahkan Mesin Cuci Tangan, Bocah 9 Tahun Dapat Penghargaan Presiden Kenya

Para peneliti mengungkap bagaimana memakai masker lebih penting untuk menghalangi penyebaran virus daripada menjaga jeda fisik. Ini karena SARS CoV 2 menyebar melalui udara serta penularan saat orang berbicara ataupun batuk dan tetesan air iler yang tumpah di udara.

Penelitian tersebut diterbitkan PNAS: Prosiding National Academy of Sciences AS. Dilakukan secara cara tim peneliti melihat tren dan prosedur mitigasi China, Italia, dan New York.

Arahan jaga jarak, semacam isolasi dan karantina, hingga membersihkan tangan dilakukan sebelum ditetapkannya kaidah pemakaian masker di Italia serta New York. Tetapi itu hanya membantu meminimalkan penularan virus menggunakan kontak langsung, sedangkan masker mencegah penularan melalui udara.

Baca Juga: Tersebut 6 Kesalahan Cuci Tangan, Lengah Satunya Tidak Cukup Sabun

“Praktik yang tidak mahal ini, pada menjaga jarak dan prosedur lainnya, adalah peluang paling mungkin untuk menghentikan pandemi Covid-19, ” cakap rekan peneliti Dr. Renyi Zhang, Profesor Ilmu Atmosfer A& M Texas.

Tetapi ingat, pakai masker selalu belum cukup melindungi. Pemakaian masker harus dibarengi dengan praktik mengelola kebersihan tangan dan jaga jeda untuk mengurangi peluang siapapun tertular Covid-19.

Scroll Up