Site Overlay

Pandemi Virus Corona, Filipina Perkenalkan Cara Belajar Blended Learning

–>

Bahana. com – Pandemi Virus Corona, Filipina Perkenalkan Metode Belajar Blended Learning

Filipina bersiap kembali menjalankan kegiatan menelaah mengajar, di tengah persiapan pembatalan lockdown dan pembatasan wilayah.

Untuk itu, Istana Malacanang mengimbau warga buat segera mendaftarkan anak mereka ke sekolah karena aktivitas pembelajaran akan dimulai pada 24 Agustus.

Dilansir Anadolu Agency, Filipina akan menggunakan program pembelajaran blended learning, yaitu konsolidasi dari kelas tatap muka, bagian daring, dan penggunaan televisi dan radio.

“Yang pasti pada 24 Agustus pembelajaran formal akan dilanjutkan, yang tidak pasti adalah apakah posisi tatap muka akan dilanjutkan atau tidak. Itu bergantung pada apakah kita telah mencapai normal anyar, ” urai juru bicara kepresidenan Harry Roque, kutip the Philippine Star.

Roque mengatakan pendaftaran tetap bersambung karena dengan tatap muka atau kombinasi, sekolah perlu landasan buat menilai apakah setelah setahun siswa akan naik ke kelas berikutnya atau tidak.

Departemen Pendidikan menetapkan pembukaan kelas pada 24 Agustus, berbeda dengan pengumuman Presiden Duterte di dalam Senin lalu bahwa kelas tidak akan dibuka hingga vaksin Covid-19 dikembangkan.

Iustrasi belajar online. (shutterstock)

Esoknya, Roque mengklarifikasi bahwa ucapan Duterte merujuk pada kelas tatap muka dengan tidak bisa digelar selama negeri masih berada dalam karantina umum.

Madrasah tetap berlanjut, ujar Roque, secara mengadopsi blended learning—kombinasi dari posisi tatap muka, sesi daring dan penggunaan televisi serta radio.

Roque menekankan bahwa pembatasan kelas tatap depan bertujuan agar siswa terlindungi dibanding risiko penularan virus.

Sedang penggunaan ideal blended learning, mengacu pada tak semua siswa memiliki akses ke internet.

“Jadi selain pembelajaran daring, saya akan menggunakan stasiun radio komunitas, TV komunitas, PTV-4, bahkan perusahaan swasta seperti ABS-CBN untuk keperluan pengajaran, ” kata dia.

Scroll Up