Site Overlay

Moralitas Perawat RS Royal Surabaya: Barang apa Dampak Covid-19 pada Ibu Hamil?

–>

Suara. com – Kematian seorang perawat pada Rumah Sakit Royal Surabaya, Selaput Puspita Sari meninggalkan duka tersendiri bagi tenaga medis yang masa ini sedang menangani pasien Covid-19.

Bersandarkan laporan, Ari meninggal pada Senin (18/5/2020) di RSAL Dr Ramelan Surabaya dalam kondisi hamil empat bulan. Janinnya pun tidak terselamatkan.

Menurut dugaan klinis, Ari meninggal akibat Covid-19. Namun, RS Royal mengiakan yang berhak menjelaskan penyebab kematian sang perawat adalah RSAL Dr Ramelan Surabaya.

“Kalau itu dari informasi medis, kalau saya rasa betul dan tidaknya, nanti RSAL dengan menjelaskan. Dari kami dugaan ke arah sana secara klinis. Benar dan tidaknya dari RSAL, karena RSAL yang merawat lanjutan, ” tutur Juru Bicara Covid-19 RS Royal Surabaya dr Dewa Nyoman Sutanaya.

Perawat hamil 4 bulan positif terjangkit virus corona (Twitter).

Ibu hamil dan virus corona

Pada Maret, pemerintah Inggris mengklasifikasikan ibu hamil dalam kelompok ‘rentan’ untuk tindakan pencegahan. Saat tersebut, yang diketahui tentang Covid-19 dalam wanita hamil hanya berasal lantaran data sekitar 20 kehamilan. Mulai banyak kasus yang dikumpulkan, penggambaran berangkat berubah.

Dilansir dari New Scientist , sejauh ini ada beberapa ratus kelahiran yang terkena Covid-19 telah dilaporkan. Berdasarkan ini, banyak dokter serta peneliti mengaku lega karena tampaknya SARS-CoV-2 tidak mematikan bagi ibu hamil seperti SARS, yang memutus seperempat kehamilan.

Faktanya, virus itu tampaknya tak menghasilkan gejala apa pun di kebanyakan ibu hamil.