Site Overlay

Menyimak! 9 Langkah yang Menetapkan Dilakukan Jika Kerabat Positf Covid-19

Suara. com kepala Kasus Covid-19 di Indonesia terus menikmati penambahan, di tengah kabar penuhnya sejumlah rumah lara oleh pasien Covid.

Jika ada keluarga, teman, atau kerabat yang posititf Covid-19 dan pernah berkontak tepat dengan Anda, segera kerjakan 9 langkah ini.

Untuk berjaga-jaga, tersedia baiknya Anda mengetahui situasi yang bisa dilakukan jika secara tidak langsung berkontak dengan orang terjangkit Covid-19 atau telah dinyatakan pasti Covid-19.

LANGKAH 1

Baca Juga: Hanya 2 Zona Muda, Ini 20 Kelurahan di Jakarta dengan Kasus COVID-19 Terbanyak

Dilansir News18, ketika seseorang merasa kalau dia telah melakukan relasi dengan orang yang nyata Covid-19 atau telah terpapar virus dalam beberapa jalan, atau dia mengalami petunjuk seperti demam, sakit besar, sakit tenggorokan, kehilangan penciuman atau rasa.

Anda kudu mengingatkan dia untuk terlebih dahulu mengasingkan diri dalam rumah, menghindari bergaul dengan publik, beristirahat dan rebah nyenyak. Selama periode ini, disarankan untuk tidak mencari bantuan dari siapa pun yang bukan profesional medis.

Petugas mencatat pasien terkonfirmasi COVID-19 yang akan diberangkatkan menuju Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran pada Puskesmas Menteng, Jakarta, Minggu (20/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

LANGKAH 2

Langkah selanjutnya ialah pergi ke pusat terdekat yang nyaman untuk mengabulkan tes RT-PCR dan mendaftarkan perilaku yang sesuai secara Covid saat melakukannya.

Serupa menunggu hasilnya, lanjutkan isolasi mandiri, yang hanya sanggup dilakukan jika ada ruangan tertentu dengan toilet built-in yang tersedia di vila di mana seseorang sudah memilih untuk mengisolasi muncul.

Mengucapkan Juga: Antisipasi Covid-19, Pesantren di Probolinggo Meniadakan Kunjungan Santri

Selama isolasi mandiri, simpan pakaian dan bahan isyarat secara terpisah. Gunakan pemutih pakaian Anda sebelum mencucinya satu per satu. Hindari kontak dengan orang asing, dan selalu gunakan masker saat berada di depan anggota keluarga.