Site Overlay

Mencuaikan Sikat Gigi di Dunia Mandi? Awas Kontaminasi Kotoran

Suara. com – Meninggalkan sikat gigi bersamaan dengan sabun serta shampo di dalam kamar mandi adalah hal yang lumrah dilakukan. Namun berbeda kondisi jika Anda menggunakan kamar mandi bersama (seperti di asrama, tempat kos). Meninggalkan sikat gigi pada kamar mandi bersama bahan membuatnya terkontaminasi kotoran.

“Perhatian utama bukan pada kehadiran kotoran Anda sendiri di sikat gigi Anda, tetapi ketika sikat gigi meradang dengan kotoran dari orang lain, yang mengandung bakteri, virus atau parasit yang bukan merupakan bagian sejak flora normal Anda, ” jelas penulis studi Lauren Aber, seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Quinnipiac di Hamden, CT, dikutip dari Medical News Today.

Kontaminasi semacam itu kemungkinan karena sikat gigi disimpan secara terbuka dalam toilet, yang memproduksi mereka terpapar bahan lantaran toilet atau mikroorganisme sejak penghuni lain.

Dalam suatu studi tahun 2015, para-para peneliti di Univeristas Quinnipiac tersebut mengumpulkan sikat gigi dari kamar mandi bergandengan. Mereka menemukan bahwa 60% sikat gigi mengandung fecal coliform, dan 80% prospek bahwa itu bukan kotoran mereka. Lalu sebuah menuntut tahun 2020 menemukan tak banyak yang berubah.

Baca Pula: 5 Potret Citra Kirana Pasang Behel Gigi, Manglingi Banget!

Sikat geraham (unsplash)

Jadi, apa yang sanggup dilakukan untuk menjaga rampas gigi sebersih mungkin?

Peristiwa yang utama dan paling penting adalah jangan memakai sikat gigi yang persis dengan orang lain, sebab itu tandanya Anda cuma akan berbagi kuman.  

Sikat gigi rata-rata berdiam sekitar tiga bulan. Zaman bulu sikat gigi tiba menunjukkan tanda-tanda aus, sepantasnya buang. Ganti dengan sikat gigi berbulu halus, pokok bulu sikat gigi dengan keras dan kasar sanggup merusak gigi dan gusi Anda.

Setelah menggunakan sikat gigi, justru disarankan jangan memakaikan penghabisan atau menaruhnya di medan tertutup. Sebab, itu bakal membuat bulu sikat tetap lembap dan mendorong pertumbuhan bakteri di area tersebut. Sebaliknya, bilas sikat gigi dan letakkan dalam situasi tegak di area terkuak supaya kering.

Baca Juga: Peneliti Menemukan Sumber yang Bikin Sakit Gigi Saat Makan Es Krim

Scroll Up