Site Overlay

Mari Cek, Begini Siklus Keputihan Wajar Setiap Bulannya

–>

Suara. com – Banyak perempuan merasa was-was jika mengalami keputihan, meski sebenarnya sebagian besar keputihan yang dialami wanita adalah jenis keputihan wajar.

Zona, supaya Anda tak terus-menerus was-was setiap kali mengalami keputihan, Kamu perlu tahu siklus keputihan biasa yang terjadi setiap bulannya.

Dilansir daripada laman Self, cairan keputihan yang keluar dari vagina bisa berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi Anda. Seringkali, keputihan disebabkan oleh proses pembersihan vagina itu sendiri.

Banyak dari keputihan itu sebenarnya adalah lendir serviks. Dan ketika telur mulai sampai untuk persiapan ovulasi, tubuh Anda biasanya mengeluarkan lebih banyak cairan serviks, yang dapat terlihat berwarna putih, kuning, atau keruh, dan terasa lengket, demikian menurut US Department of Health and Human Services.

Ketika Anda semakin mendekati periode ovulasi, cairan keputihan akan menjadi jernih dan licin, seperti suci telur mentah, untuk membantu benih mencapai telur yang matang dengan lebih mudah. Ini adalah saat Anda paling subur.

Sekitar empat keadaan kemudian, jika Anda memiliki peredaran yang khas, Anda akan tahu lebih sedikit lendir serviks serta kemungkinan akan lebih lengket dan keruh lagi. Setelah itu, bertahap lendir akan semakin sedikit dan hilang. Kemudian, siklus dimulai daripada awal lagi.

Penggunaan kontrasepsi hormonal secara estrogen untuk menekan ovulasi mampu memengaruhi keputihan, di mana Kamu mungkin akan lebih jarang mengalaminya. Demikian catat Lauren Streicher, M. D., associate professor obstetri & ginekologi klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicinean.

Sedangkan metode kontrasepsi non-hormonal dan progesteron mungkin tak akan memengaruhi keputihan normal, karena tidak mematikan ovulasi sama sekali.

Namun yang perlu dicatat, jika larutan keputihan Anda mulai menyerupai sesuatu seperti keju cottage, itu mampu menjadi tanda infeksi jamur. Kalau berwarna hijau, abu-abu, kuning, ataupun putih, bisa jadi itu merupakan vaginosis bakteri (yang terjadi masa jumlah bakteri jahat mulai diatas jumlah bakteri baik di vagina Anda), atau trichomoniasis (infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan keluarnya cairan yang berbau busuk). Bila Anda mengalami keputihan yang tampak aneh, itu adalah tanda untuk segera mengunjungi dokter.