Site Overlay

Manfaat Teh Daun Jambu Biji, Bisa Redakan Diare hingga Cegah Kanker!

Bahana. com – Jambu biji sudah dikenal sebagai buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan karena kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan. Kandungan kaliumnya pun dapat membantu menormalkan tingkat tekanan darah.

Faktanya, daun dari jambu biji pun memiliki manfaat yang serupa. Daun mudanya dapat diseduh untuk dijadikan teh, yang sudah menjelma bagian pengobatan tradisional di Meksiko dan Amerika Selatan selama puluhan tahun.

“Kekuatan daunnya adalah antioksidan seperti vitamin C, dan flavonoid seperti guercetin, ” kata ahli gizi Anshul Jaibharat, yang berbasis di Delhi, India.

Dilansir NDTV Food , berikut manfaat teh daun jambu biji:

Menyuarakan Juga: 5 Tujuan Pembasmi Kecoa Alami dari Model sampai Daun Salam

satu. Diare

Berdasarkan studi yang terbit di Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo, ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, penyebab umum diare.

Ilustrasi jambu biji (Shutterstock)

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol ‘jahat’ merupakan satu dari lima kelompok utama lipoprotein yang mengangkut semua molekul lemak ke semesta tubuh. Kelebihan kolesterol jenis itu dapat menyebabkan penyumbatan di gaya.

Menurut laman Nutrition and Metabolism, sebuah studi menemukan orang yang menggunakan teh daun jambu biji memiliki kadar kolesterol yang lebih nista setelah delapan minggu mengonsumsinya.

Baca Juga: Aneh! Ada Pohon Cabai Berbuntut Seperti Bulu, Rasanya Pahit Kayak Daun

3. Mengelola diabetes