Site Overlay

Leher Tegang Tanda Kolesterol Tinggi, Keyakinan atau Fakta?

–>

Suara. com – Leher Tegang Tanda Kolesterol Tinggi, Keyakinan atau Fakta?

Seringkali kita mengasosiasikan leher tegang tanda bahwa kolesterol dalam darah tinggi. Ini kadang-kadang membuat banyak orang menjadi kacau dan cemas.

Padahal, menurut dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Mayapada Hospital, munculnya hiperkolesterolemia atau tingginya kadar kolesterol dalam darah tidak ditandai oleh gejala-gejala tertentu.

“Sebenarnya kalo dari literatur, dia silent. Sebelum dia menyumbat bumbung darah, dia tidak memberikan fakta, ” jelasnya dalam Live IG Violad bersama dr Tompi & dr Arti Indira, Minggu (10/5/2020).

Ilustrasi leher tegang. (Shutterstock)

Akan namun ada salah satu tanda dengan bisa dikenali seperti munculnya xanthelasma, yakni gumpalan lemak yang lahir di kelopak mata.

Meskipun begitu, tidak serta-merta jika tidak merasakan adanya leher tegang bukan berarti kolesterol tidak tinggi.

“Itulah kenapa kolesterol harus dicek secara laboratorium, ” lanjutnya.

Selain fakta, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia selalu memiliki beberapa faktor risiko dengan bisa dikendalikan dan tidak mampu dikendalikan.

Dikutip dari Mayo Clinic, ciri risiko pertama yang bisa menimbulkan kolesterol tinggi adalah pola mamah yang buruk. Misalnya sering mengonsumsi lemak jenuh seperti gorengan, warga merah, dan produk susu tinggi lemak.

Kemudian yang kedua adalah obesitas, di mana memiliki indeks massa tubuh lebih dari angka 30 membuat seseorang berisiko memiliki kolesterol tinggi. Namun orang yang berisi kurus juga tak lepas lantaran risiko ini.

Yang ketiga adalah kurang berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan kolesterol ‘baik’ dan mengurangi jumlah kolesterol ‘jahat dalam tubuh.

Faktor risiko keempat adalah merokok, karena merokok merusak dinding pembuluh darah, membuatnya bertambah rentan mengumpulkan sisa-sisa lemak & menurunkan kolesterol ‘baik’.

Beberapa faktor risiko yang tak bisa dikendalikan kurun lain usia, karena bertambahnya leler akan membuat hati akan pelik menyingkirkan kolesterol ‘jahat’.

Scroll Up