Site Overlay

Kerap Overthinking Tengah Malam? Psikolog Beri Tahu Cara Mengatasinya

Suara. com – Pernahkah Anda tak bisa tidur karena ada begitu banyak hal memasukkan pikiran? Dan Anda melenyapkan banyak waktu untuk mengkhawatirkannya. Jika kondisi ini sering Anda lakukan, Anda barangkali terlalu banyak berpikir ataupun overthinking.

Overthinking pada dasarnya adalah nama ketika seseorang memberikan terlalu banyak waktu dan menghiraukan untuk memikirkan segala objek secara berlebihan.

Dr Elena Touroni, konsultan psikolog dan salah satu pembuat myonlinetherapy. com pun mengecap bahwa orang bisa overthinking tentang hal-hal yang makin belum terjadi.

“Cara banyak orang mulai overthinking dengan berpura-pura ‘mempersiapkan’ suatu status. Meskipun ini normal dan dapat membantu, saat ancang-ancang ini menjadi obsesif, kita mungkin menemukan diri kita dalam fase berpikir berlebihan yang tidak membantu, ” jelasnya, dikutip dari Independent.

Baca Serupa: Sosok Simone Biles, Pesenam yang Seleksi Mundur dari Olimpiade menetapkan Kesehatan Mental

Overthinking selalu bisa terjadi tanpa adanya rangsangan atau gangguan asing seperti saat pikiran padahal menganggur. Itulah sebabnya malam hari menjadi waktu dengan rentan untuk overthinking.

Ilustrasi overthinking. (Pexels. com/Ron Lach)

Padahal, hanya banyak berpendapat belum tentu akan menyelesaikan masalah. Terlalu banyak berputar sering kali berarti terlalu memikirkannya, dan berputar-putar di banyak lingkaran, sehingga Kamu tidak dapat mengambil kegiatan apa pun.

Efeknya untuk kesehatan, kebiasaan overthinking sanggup memicu stres, kesulitan rebah, sampai masalah kesehatan mental.

“Mendapati muncul Anda tidak dapat berhenti memainkan situasi yang dibayangkan berulang-ulang dapat menyebabkan pengganggu tidur dan kesulitan berkonsentrasi pada situasi yang sebenarnya Anda hadapi. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan lekas marah, lebih penuh stres, dan kecemasan, ” tambahnya.

Untuk mengatasi overthinking ini, Touroni sangat menyarankan untuk mengalihkan perhatian, baik itu melampiaskannya pada kesenangan atau berolahraga. Sebab dengan cara itu, Anda sungguh-sungguh membutuhkan konsentrasi, sehingga bisa menyingkirkan pikiran-pikiran merusak diri yang tidak perlu lantaran kepala Anda.

Baca Juga: 5 Tips Selamat dari Overthinking saat Suangi Hari, Simpan Gawaimu!

Selanjutnya adalah mempraktikkan mindfulness, yang dapat dipahami jadi ‘memberi perhatian penuh serta kesadaran untuk apa pula yang kita lakukan masa itu. ‘