Site Overlay

Kepulauan Seribu Jadi Wilayah Jakarta yang Paling Ragu secara Vaksin Covid-19

Suara. com – Hasil survei dari Lapor Covid menemukan bahwa satu dibanding tiga warga DKI Jakarta masih khawatir jika vaksin Covid-19 tidak manjur, haram, dan takut dengan efek sampingnya.  

Peneliti Lapor Covid Dicky Pelupessy mengutarakan bahwa satu dari awak ibukota juga tidak tetap kalau vaksin dapat benar-benar melindungi dari infekso Covid-19.

“Masih tersedia sekitar sepertiga warga menyangsikan manfaat vaksinasi. Dalam tafsiran apakah melindungi dari infeksi, melindungi dari kemungkinan lara parah, ataukah memang vaksin bisa menjaga tetap berfungsi dengan baik dan mendapatkan penghasilan, ” kata Dicky dalam konferensi pers daring, Minggu (13/6/2021).

Dicky menambahkan kekhawatiran tentang vaksin paling banyak terdapat di Kepulauan Seribu, ada sekitar 28 persen. Sementara yang paling rendah tingkat khawatir terhadap vaksin aa di Jakarta Selatan.

Baca Juga: Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Sleman Melonjak, pada Bulan Juni Ada 27 Pasien Meninggal

Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)

Meski lhawatir terhadap nilai vaksin dan ragu akan kemanjurannya, warga Kepulauan Bermacam-macam disebut memilili tingkat gamang paling rendah terhadap paparan Covid-19 di antara enam wilayah Jakarta.

“Di Kepulauan Seribu tidak merasa beresiko terhadap Covid-19, jadi mereka merasa lebih yakin tidak akan terkena covid-19 dalam Kepulauan Seribu, ” ucapnya.

Tibgkat kepercayaan warga Kepulauan Seribu terhadap vaksin Covid berbanding lurus dengan akses terhadap vaksin. Dicky mengatakan, dari enam wilayah di Provinsi DKI Jakarta, hambatan terbesar untuk mendapatkan vaksin paling banyak dirasakan masyarakat di Kepulauan Seribu.

Sehingga lebih banyak responden dari Kepulauan Bermacam-macam juga yang tidak merasa vaksin Covid-19 ada manfaatnya.

“Hambatan akses vaksin & lain-lain di Kepulauan Seribu angkanya lebih tinggi dua, 6 lebih tinggi daripada kota-kota lain. Paling kecil di Jakarta Selatan. Perkara kebermanfaatan vaksin, yang merasakan paling bermanfaat vaksin tersedia di Jakarta Barat. Tengah di Kepulauan Seribu dengan merasa kebermanfaatan vaksin tak terlalu tinggi, ” ucapnya.

Menangkap Juga: Naik! Kasus Positif Covid-19 dalam Karawang Bertambah 203 Kejadian Dalam Sehari

Buatan survei itu dapat menjawab khusus dari Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Lies Dwi. Menurutnya, butuh tokoh masyarakat setempat untuk mempromosilan vaksin Covid-19.