Site Overlay

Jangan Langsung Olahraga Usai Menyemprot Vaksin Covid-19, Ini Sebabnya!

Suara. com – Saat ini, hampir sebagian besar orang telah suntik vaksin Covid-19 buat menurunkan risiko penularan virus corona Covid-19. Sama bagaikan vaksin lainnya, suntik vaksin Covid-19 ini bisa membuahkan sejumlah efek samping.

Buntut samping umum dari suntik vaksin Covid-19 berupa demam, kelelahan, ruam dan lainnya. Umumnya, efek samping tersebut pertanda tubuh sedang merespons vaksin Covid-19 untuk membuat kekebalan.

Akan tetapi, orang perlu suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua untuk memperoleh perlindungan maksimal, setelah 8 hingga 12 minggu suntik vaksin Covid-19 jumlah pertama.

Lalu, bolehkah Anda olahraga ke gym setelah suntik vaksin Covid-19?

Baca Juga: Waspada, Orang yang Telah Vaksin Covid-19 Punya Gejala Virus Corona Lain!

Dr James Hull, guru besar di Institute of Sport, Exercise and Health di University College London, mengatakan bahwa mungkin ada baiknya untuk menghindari olahraga berat setelah suntik vaksin Covid-19.

“Ini hanya pendekatan masuk akal. Jika Anda mendapatkan pandangan berupa nyeri otot atau sakit kepala, Anda tidak akan tahu itu disebabkan oleh suntikan vaksin Covid-19 atau olahraga berat, ” kata Dr Hull dikutip dari Express.

Sketsa vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Terkait olahraga pascavaksinasi, para ahli mengutarakan tidak ada bukti jika olahraga setelah vaksin Covid-19 bisa mengurangi efektivitasnya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu kacau untuk melakukannya.

“Saya tidak berpikir ada sesuatu yang berbahaya mengenai olahraga setelah mendapatkan vaksin Covid-19, ” kata David Wyles, MD, spesialis keburukan menular dan kepala penyakit menular di Denver Health.

Namun, beberapa orang akan mengalami beberapa efek tepi umum yang terkait dengan vaksin Covid-19. Jadi, modus terbaiknya tunda olahraga berat.

Mengaji Juga: Temuan Baru, Virus Corona Sebabkan Materi Abu-Abu pada Nalar Berkurang

“Jika Anda melakukan olahraga ringan, tersebut mungkin baik-baik saja. Tapi, kami menyarankan untuk menghindari olahraga berat dalam 48 jam setelah vaksinasi, ” kata Dr Hull.

Karena, beberapa orang mungkin akan merasai beberapa efek samping bila olahraga setelah suntik vaksin Covid-19, seperti sakit kepala dan nyeri otot.