Site Overlay

Jaga Kesehatan Mata, Yuk Penggunaan 5 Asupan Berikut

Suara. com – Empat dari lima urusan masalah kesehatan mata atau gangguan penglihatan sebenarnya dapat dicegah atau diperbaiki.

Pengantara utama kehilangan penglihatan dan kebutaan adalah katarak atau kebutuhan akan kacamata dengan tidak terpenuhi.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada The Lancet Global Health , kedua masalah mata bisa diobati dengan intervensi yang murah dan hemat beban, yakni dengan pemenuhan nutrisi.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesehatan ceroboh Anda, antara lain:

Baca Serupa: Merawat Anak saat Pandemi Covid-19, Menerbitkan Tiga Hal Ini

1. Jeruk

Jeruk dapat membantu menyembunyikan mata Anda dari kebobrokan. “Jeruk mengandung pigmen pokok karotenoid yang dapat menghambat produksi peradangan di organ kita, ” kata cakap diet terdaftar Mia Syn, MS, RDN.

“Beberapa pengkajian telah mengamati penurunan risiko degenerasi makula terkait usia dengan peningkatan asupan karotenoid, ” imbuhnya.

2. Paprika abang

Beberapa penelitian sudah mengaitkan asupan vitamin C tinggi dengan penurunan efek pembentukan katarak. Dalam hal ini, paprika merah ialah sumber vitamin C dengan baik.

Baca Juga: Pasta Konjac Rendah Kalori untuk Pencernaan yang Lebih Sehat

“Paprika abang adalah sumber vitamin C yang baik, serta antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko katarak, ” cakap Syn. Faktanya menurut Bagian Pertanian AS (USDA), kepala paprika merah besar mengandung 233 persen dari poin harian vitamin C Kamu.

3. Biji labu

Biji labu ialah sumber zinc yang baik di mana dapat membantu menunda perkembangan degenerasi makula terkait usia dan kematian penglihatan dengan mencegah kerusakan sel di retina.

Menuntut Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) menemukan bahwa kombinasi beta-karoten, vitamin C serta E, zinc, dan tembaga menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

4. Sarden

Sarden adalah sumber asam lemak omega-3 DHA yang memiliki sifat anti-inflamasi istimewa untuk kesehatan retinal. “DHA adalah salah satu wujud lemak omega-3 yang ditemukan terutama pada ikan, ” ujar Syn.

Ikan sarden, salah satu sumber omega 3. (Shutterstock)
Ikan sarden, salah utama sumber omega 3. (Shutterstock)

5. Ubi jalar

Obat tetes mata bukanlah satu-satunya cara untuk menghentikan mata kering, sebab ubi jalar bisa membantu Kamu. “Ubi jalar adalah sumber beta-karoten, antioksidan yang diubah tubuh kita menjadi vitamin A, ” kata Syn.

“Vitamin A adalah nutrisi yang membantu mencegah mata kering dan rabun burit, ” imbuhnya.