Site Overlay

Hindari Sebisa Mungkin, Ini 6 Wadah Paling Umum Tularkan Covid-19

Suara. com – Para spesialis kesehatan menyarankan untuk menghindari tempat ramai dengan ventilasi udara dengan buruk selama pandemi. Dalam peristiwa ini, ada beberapa tempat spesifik yang nyatanya perlu Anda hindari untuk mengindari infeksi Covid-19.

Melansir lantaran Huffpost , berikut adalah beberapa tempat paling umum yang bisa menyebarkan pandemi, antra lain:  

1. Tempat Perkumpulan Baik

Michelle Krasowski, pustakawan di San Francisco Bay Area mengatakan bahwa pertemuan dalam berbagai bentuk telah menjadi tempat yang cukup berisiko.

Baca Juga: Perjuangan Dinda Kanya Buah hati Buat Sembuh dari Covid-19

“Orang-orang telah terinfeksi pada pertemuan kecil yang diikuti kurang dari enam orang, baik di dalam maupun di luar ruangan, ” sebutan Krasowski.

Jika Anda makan di dalam ruangan atau di dalam tenda dengan orang-orang yang melepaskan masker, maka risiko infeksi Covid-19 menyusun secara eksponensial.

2. Restoran & Bar

Sebagian besar data pelacakan kontak yang dipublikasikan online secara konsisten menemukan bahwa bar dan restoran berperan dalam transmisi Covid-19.

Menurut Anna Bershteyn, seorang profesor di departemen kesehatan populasi di New York University dan ahli dalam pemodelan Covid-19 mengatakan bahwa tidak semua restoran dan bar memiliki risiko yang sama. Risikonya kemungkinan bertambah rendah dengan tempat makan dalam luar ruangan yang diberi renggang dengan luas.

Mengaji Juga: Meski Pandemi, Warga New York Tetap Bergairah Sambut Libur Akhir Tahun

3. Gym dan Studio Kebaikan

Sebuah studi baru-baru ini yang mengevaluasi data transmisi menentukan bahwa gym adalah tempat paling berisiko kedua dalam menularkan Covid-19 setelah restoran.

Saat orang berolahraga, mereka terengah-engah lebih dari biasanya, mengeluarkan tetesan pernapasan ke ruangan. Jika tak ada banyak aliran udara, tetesannya dapat menggantung di udara selama berjam-jam dan kemudian terhirup orag lain.

4. Tempat Beribadah

Pertemuan keagamaan juga menempati urutan tertinggi dalam laporan pelacakan kontak dari Connecticut, Delaware, North Carolina, Maryland dan Washington, D. C.

Di gereja dan pertemuan keagamaan, orang cenderung menyanyi atau berdoa mengeluarkan tetesan ke udara dan berkumpul bersama di dalam ruangan untuk jangka zaman yang lama.

5. Tempat Kerja Tertentu

Pelacak kontak Montana memperhitungkan bahwa 1 dari 6 karakter terpapar di tempat kerja. Pada hal ini pabrik dan gudang menjadi sumber penularan Covid-19.  

“Kami telah melihat datanya dan sudah pasti terjadi (penularan) terutama pada industri di mana orang-orang berkecukupan dekat dan ada suara membengkil mesin yang membuat mereka kudu berteriak dan berbicara satu persis lain, ” kata Bershteyn.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

6. Toko

Sebuah belajar dari Boston juga menemukan kalau pekerja toko kelontong memiliki risiko yang besar karena mereka berinteraksi dengan begitu banyak pelanggan.

Oleh karena itu, Krasowski menekankan bahwa dalam manapun Anda pergi, cobalah membatasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan orang lain dengan berpotensi terinfeksi dan jaga supaya ventilasi tetap baik.