Site Overlay

Gatal di Area Stretch Mark, Baiknya Digaruk atau Jangan?

–>

Suara. com – Pada ibu pasca melahirkan memiliki strech mark memang bisa mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, stretch mark juga rentan terasa gatal.

Sekalipun pusatnya biasa di area dengan tertutup, tetap saja sulit percaya diri termasuk di hadapan suami.

Dokter ahli kulit dan kelamin dr. Hairina Intan, Sp. KK menekankan pentingnya penggunaan krim untuk menghilangkan strech mark.

“Pemakaian krim atau dengan pemberian asam retinoat, minyak zaitun, asam hailuronat akan membantu, ” ujar dr. Hairina, dalam LIVE IG AIMI Cirebon, Senin (3/8/2020)

Jika keluhan strech mark sangat menganggu / hingga menimbulkan rasa gatal yg teramat sangat. Ia menyarankan sebaiknya hindari kebiasaan menggaruk. Menurutnya, hal ini bisa berdampak pada rusaknya kulit.

“Jangan digaruk, karena itu jadi merusak kulit, epidermisnya, kalau gatal olesin krim sebanyak mungkin, hindari menggaruk, ” paparnya.

Alih-alih digaruk, untuk meredakan gatal, sebaiknya diusap perlahan, dan perbanyak menggunakan krim. Seperapa sering dan tebalnya krim, taat dr. Hairina tidak akan kritis.

“Jadi jika krim mau dioles sesering serta sebanyak mungkin sih insyaallah tenang, ” tuturnya.

Stretch mark. (Shutterstock)

Namun, jika tidak nyaman menggunakan krim, solusinya bisa memanfaatkan bahan oles alami yang tidak akan menerbitkan efek samping seperti minyak zaitu, hingga minyak kelapa.

“Terbukti kedua patra itu sangat bagus untuk indra peraba kita, ” imbuhnya.

Scroll Up