Site Overlay

Disinfektan Bisa Mengikat Virus Corona di Permukaan, Ini Kata Ahli!

Suara. com – Saat ini banyak orang menggunakan disinfektan buat membersihkan rumah dan permukaan lain selama pandemi virus corona Covid-19. Tapi, para ilmuwan mengatakan awahama dan tisu basah justru tak berguna untuk melindungi diri dari virus corona.

Beberapa produk pembersih tersebut justru memperburuk keadaan dengan mengepak protein mematikan ke permukaan dengan seharusnya dibersihkan.

Label yang mengklaim produk itu bisa membunuh 99, 9 upah kuman seringkali hanyalah penipuan. Karena, tidak ada persyaratan yang meminta pembersih melakukan pengujian tersebut.

Ahli mikrobiologi terkemuka itu mengaku khawatir penuh orang yang menggunakan produk tersebut terbuai dengan rasa aman palsu. Hal ini justru berbahaya pada tengah pandemi virus corona Covid-19.

Baca Juga: Penyebab Orang dengan Kolesterol Tinggi Berisiko Terinfeksi Virus Corona

Sekelompok ahli anti-infeksi terkemuka serupa menyarankan menteri kesehatan Inggris, Matt Hancock untuk memperingatkan masyarakat kalau beberapa produk pembersih ini tak bertindak semestinya. Bahkan produk pembersih ini mungkin digunakan di rumah sakit.

Ilustrasi cairan hand sanitizer.[Unsplash/Tetiana SHYSHKINA]

“Produk disinfektan harus memenuhi standart klinis yang tinggi dan bisa menunjukkan kemanjurannya, ” introduksi Profesor Jean-Yves Maillard, seorang mampu mikrobiologi farmasi di Universitas Cardiff dikutip dari The Sun.

Padahal permintaan produk awahama dan tisu basah sedang menyusun di masa pandemi virus corona Covid-19.

Banyak orang membeli disinfektan dan tisu basah berlakohol karena beranggapan itu bisa melindungi mereka dari permukaan yang terkontaminasi virus corona, pantas dengan klaim produk itu tunggal.

Akan tetapi, sebagian besar pengguna tidak menyadari bahwa produk yang mereka gunakan mungkin hanya bisa mendisinfeksi latar yang sudah bersih.

Baca Juga: Simak! 5 Langkah Aman untuk Rawat Pasien Covid-19 di Rumah

Karena itu, produk pembersih ini kira-kira tidak akan efektif membunuh kuman, kuman dan virus ketika digunakan di area publik atau dunia kantor yang tidak dibersihkan secara teratur.

Bahkan produk pembersih yang lebih murah mungkin juga bisa merusak permukaan plastik, tak terkecuali unit medis.

Scroll Up