Site Overlay

Diklaim Karya Anak Bangsa, Bahan dan Peneliti Vaksin Nusantara dari AS

Suara. com – Semasa ini vaksin nusantara tetap diklaim dan dikampanyekan sebagai produk buatan anak kerabat. Tapi, fakta menarik diungkap Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM).

BPOM mengungkap bahwa mayoritas peneliti dan bahan komponen utama pengerjaan Vaksin Nusantara bukan bersumber dari Indonesia, melainkan kebanyakan berasal dari Amerika Serikat (USA)

“Semua komponen utama pembuatan vaksin dendritik ini di Import dari USA, seperti antigen, GMCSF, medium pembuatan sel, dan alat-alat untuk anju, ” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito, dalam keterangan tertulis yang diterima suara. com, Rabu (14/4/2021).

Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)

Sehingga yang menetapkan menjadi perhatian ialah, rupanya memiliki vaksin asli buatan dalam negeri tapi Vaksin Nusantara malah menjadi buatan impor.

Baca Juga: Kontroversi Dokter Terawan, Dibenci IDI Hingga Vaksin Nusantara Dihentikan

Jikapun nantinya pihak AIVITA Biomedica Inc, perusahaan AS yang mendanai dan memfasilitasi pengembangan Vaksin Nusantara di Indonesia bakal mentransfer teknologinya. Namun vaksin baru bisa diproduksi pada Indonesia dalam waktu 2 hingga 5 tahun mendatang.

Hal ini lantaran sampai saat ini Industri Farmasi yang bekerjasama dengan AIVITA Biomedica Inc belum mempunyai sarana produksi untuk produk biologi.

Bahkan menurut masukan CEO AIVITA Indonesia pada BPOM, sambil menunggu vaksin bisa dibuat di Nusantara, perusahaan farmasi tersebut akan mengimpor obat atau vaksin miliknya ke Indonesia.

“Berdasarkan penjelasan CEO AIVITA Indonesia, mereka akan mengimport obat-obatan sebelum produksi di Indonesia, ” benar Penny.

Bahkan meskipun memindahkan teknologi dilakukan kepada pekerja RS Dr. Kariadi, & vaksin dibuat di Indonesia, metode pembuatan hingga benar paten akan tetap jatuh kepada AIVITA Biomedica Inc, USA.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Tak Direstui BPOM, Ini Kesalahan zaman Proses Pembuatannya

“Pelaksanaan uji klinik ini dikerjakan oleh peneliti dari AIVITA Biomedica Inc. USA, yaitu orang asing yang beroperasi di Indonesia untuk memeriksa menggunakan subjek orang Indonesia, ” paparnya,

Scroll Up