Site Overlay

Cegah Osteoporosis Sejak Muda, Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Suara. com – Osteoporosis merupakan masalah kesehatan tubuh yang rentan menyerang lansia. Namun, bukan berarti keburukan ini tidak bisa dicegah.

Dokter mengatakan salah kepala cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena osteoporosis di masa tua ialah dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium sejak bujang.

Makanan dengan dimaksud antara lain susu, seafood (ikan, udang, kerang, kepiting), kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

“Kalsium penting untuk tulang, ini bisa dimakan dari susu, seafood, kacang-kacangan, dan juga sayuran muda, ” ungkap dr. Rina Juwita Sp. Pd dalam acara webinar Rahasia Bugar & Aktif Di Usia Emas, Selasa (25/5/2021).

Baca Pula: Makin Tua Kepadatan Tulang Makin Merenggang, Ini yang Bisa Dilakukan

Kata dr. Rina Juwita, hindari juga menggunakan makanan yang tinggi sira. Sebab, mengonsumsi makanan payau dan mengandung banyak sira bisa meningkatkan pengeluaran kalsium.

“Hati-hati, ada zat dengan bisa meningkatkan pengeluaran kalsium. Jadi makanan yang asin, garam, protein dan kafein, itu bisa mengeluarkan kalsium di tubuh kita, ” paparnya.

Selain mengonsumsi sasaran tinggi kalsium, ia pula menekankan pentingnya gaya hidup sehat. Salah satunya menyelenggarakan aktivitas fisik seperti olahraga sejak dini.

“Jadi kita harus menyelenggarakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, juga melakukan aktivitas gerak sejak dini, sebelum terjadinya osteoporosis, ” sarannya.

Selain itu, olahraga sangatlah istimewa untuk kesehatan tulang. Dia menyarankan jangan sampai tersentuh osteoporosis dulu baru rutin olahraga.

Baca Juga: Walau Enak, Terlalu Penuh Makan Cokelat juga Tidak Baik untuk Kesehatan!

“Jangan sebelum nyeri tangkas melakukan olahraga, namanya pencegahan maka perlu lakukan gerak. Karena itu melatih kesehatan tulang, ” pungkasnya.