Site Overlay

Catat, 5 Obat Herbal Sakti Redakan Sakit Perut

Suara. com – Melempem perut bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dibanding infeksi bakteri hingga virus yang memicu peradangan. Sakit perut juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk tersebut, penting mencari cara memulihkan sakit perut yang tepat, termasuk herbal.

Dikutip sebab Insider, berikut ini lima ramuan herbal yang bisa meredakan sakit perut serta bisa dibuat sendiri pada rumah. Tapi ingat, bila sakit berlanjut, segera ke dokter untuk mendapat pengerjaan lebih lanjut.

1. Jahe
Jahe adalah herbal yang sudah digunakan semenjak zaman kuno. Diperkirakan, karakter asli India dan China sudah menggunakan jahe semasa 5. 000 tahun untuk mengobati berbagai penyakit.  

Jahe juga jadi telah menjadi herbal yang efektif dan sangat direkomendasikan untuk mereka dengan masalah lambung dan mual. Jahe menyimpan antiinflamasi yang ampuh menekan dan meredakan mual & muntah.

Baca Juga: Asam Lambung Sering Kumat? 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari

Cara membuatnya, campurkan potongan jahe pada air teh atau bisa dengan cara mengunyah akar jahe segar langsung.

2. Peppermint
Herbal satu ini dipandang sangat ampuh untuk menyurutkan gejala sakit perut dengan berhubungan dengan gas, seolah-olah perut kembung.

Peppermint mengandung mentol dan metil salisilat yang punya sifat antispasmodik atau meredakan otot perut yang tegang, dan benar baik untuk penderita IBS.

“Bagi orang yang mengalami sakit lambung, biasanya disebabkan otot lapisan perut atau dinding usus kecil, usus besar yang tegang, dan minyak peppermint akan ampuh meredakan ketegangan (merelaksasi) otot perut, ” ujar Ahli Gastroenterologi, Rudolph Bedford.

3. Terapi air panas
Menggunakan bantal pemanas ataupun botol yang berisi tirta panas akan meredakan petunjuk sakit perut.   Terapi ini dilakukan dengan menjerahap menggunakan posisi yang tenteram, lalu letakkan bantal pemanas atau botol air panas di bagian atas atau bawa perut yang nyeri. Panas bisa sangat bermanfaat untuk melemaskan otot pada perut dan menghilangkan udara.

Mengaji Juga: RS Sardjito Sarankan Tanaman Herbal untuk Pasien Isoman, Ada yang Bisa Cegah Topan Sitokin

4. Asupan cairan tercukupi
Dehidrasi bisa menerbitkan tubuh mengalami ketidakseimbangan mineral dalam tubuh, yang di dalam akhirnya mengganggu fungsi awak, termasuk sakit perut. Jadi pastikan untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup, terlebih saat sakit banyak melahirkan keringat, diare atau apalagi muntah.