Site Overlay

Cara Mudah Bedakan Batuk Biasa dan Gejala Covid-19

–>

Suara. com – Gelaja virus corona yang terlalu beragam membuat banyak kebingungan. Apalagi gejala umumnya hampir mirip dengan penyakit biasa.

Kelimpungan sebagian berasal dari fakta bahwa gejalanya cukup samar untuk dikaitkan dengan beragam penyakit, misalnya batuk darah.

Jika Anda tidak yakin apakah batuk Anda adalah tanda Covid-19, tersedia beberapa karakteristik utama yang harus diwaspadai.

Dilansir dari Express , menurut National Health Service Inggris (NHS) batuk yang menjandi gejala Covid-19 biasanya merupakan batuk darah baru dan terjadi berulang kala.

“Ini berarti banyak batuk selama bertambah dari satu jam atau 3 atau lebih dalam 24 tanda, jika Anda biasanya batuk, barangkali lebih buruk dari biasanya), ” ungkap NHS.

Menurut Harvard Health, petunjuk lainnya adalah tipe batuk dengan kering.

Seperti yang dijelaskan oleh NHS, batuk kering berarti berdetak & tidak menghasilkan dahak atau riak kental.

Batuk, seorang pria keluarkan sebagian paru-parunya. (Shutterstock)

Selain batuk, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Konsorsium (CDC) menambahkan enam gejala perdana pada Covid-19.

Enam gejala tersebut, yakni: menggigil, gemetar terus menerus dengan menggigil, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, serta kehilangan pembauan dan perasa.

Melansir dari Insider , dengan penambahan enam gejala, maka jumlah gejala Covid-19 yang dicatat CDC telah menyentuh sembilan. Sebelum diperbarui, gejala Covid-19 versi CDC hanya demam, batuk, dan sesak napas.

Penambahan gejala sesuai sakit kepala, sakit tenggorokan, serta sakit otot pada daftar CDC mencerminkan bagaimana pemahaman resmi penyakit telah berubah. Sebelumnya, keluhan itu dianggap hanya gejala jarang yang menjadi indikasi Covid-19 dan lebih umum sebagai gejala penyakit normal seperti flu.