Site Overlay

Bujang Kini Boleh Masuk Kepala, Ini 5 Hal dengan Wajib Diperhatikan Orangtua

Perkataan. com – Penurunan level Pemberlakuan Penyekatan Kegiatan Masyarakat alias PPKM membuat mal dan was-was perdagangan kini bisa dimasuki oleh anak-anak berusia dalam bawah 12 tahun.

Di keterangannya, Ketua Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Resi Adisasmito mengatakan pelonggaran ini hanya dilakukan di kota-kota tertentu.

“Penduduk usia kurang dari 12 tahun diperbolehkan memasuki kawasan pusat perbelanjaan seperti mal atau pusat perdagangan pada wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta & Surabaya, ” katanya saat menyampaikan perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia yang diikuti melalui YouTube BNPB lantaran Jakarta.

Untuk itu, ada sejumlah hal yang tertib menjadi perhatian orangtua saat mengajak anak ke mal di masa PPKM. Menyimak rangkumannya berikut ini:

Baca Selalu: 9 Potret Bridgia Kalina Anak Acha Septriasa, Keponakan Online Warganet

Pengunjung berjalan di Mall Tangerang City, Kota Tangerang, Banten, Senin (13/9/2021). [Suara.com/ Hilal Rauda Fiqry]
Pengunjung berjalan di Mall Tangerang City, Kota Tangerang, Banten, Senin (13/9/2021). [Suara.com/ Hilal Rauda Fiqry]

1. IDAI belum rekomendasikan ajak anak ke mal

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Aman Pulungan mengucapkan, pusat perbelanjaan atau mal sebenarnya belum sepenuhnya tenteram untuk anak di bawah 12 tahun di periode pandemi Covid-19.

“Kalau aman ya belum, apalagi dalam bawah 12 tahun tersebut tanpa aplikasi, jelas tempat belum divaksinasi, tapi tersebut kan memang desakan dibanding pelaku ekonomi, karena tanpa anak-anak mal itu hening, ” katanya dalam diskusi virtual, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, sedang banyak ditemukan orang dewasa yang masih positif Covid-19 berkeliaran di tempat jemaah, bahkan ada yang belum vaksinasi, sehingga belum tenteram buat anak di lembah 12 tahun.

“Untuk zaman ini, saya rasa belum aman memang, karena ternyata tidak jarang orang dewasa sebab alasan tertentu belum divaksin, jadi berarti dia mampu masuk ke mall nantinya dengan berbagai cara, ” ucapnya.

Baca Juga: Cerita Mona Ratuliu Mengasuh Lima Anak: Luar Normal Tantangannya!

dua. Perhatikan selalu protokol kesehatan