Site Overlay

Bisa Jaga Kekebalan Tubuh, Penuhi 4 Nutrisi Ini Selama Pandemi

–>

Suara. com – Vaksin bisa menjadi satu-satunya tumpuan dalam menghadapi virus corona Covid-19, sayangnya vaksin belum bisa dipastikan kapan akan tersedia secara ijmal. Oleh karena itu, tindakan pencegahan menjadi salah satu alternatif utama untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19.

Untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko infeksi, makanan kaya nutrisi adalah solusi terbaik. Melansir lantaran Times of India , berikut empat nutrisi yang diperlukan dalam menghadapi virus corona Covid-19, antara lain:  

Vitamin C 

Banyak ahli selama pandemi telah memuji manfaat kesehatan dari sasaran kaya vitamin C.

Vitamin C dianggap sebagai antioksidan kuat di mana menetralkan senyawa tidak stabil pada tubuh yang menyebabkan kerusakan dalam sel. Anda disarankan untuk penggunaan setidaknya 90 mg vitamin C per hari agar tetap segar.

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan diperlukan untuk fungsi bentuk kekebalan. Sistem kekebalan yang kuat melindungi  dari patogen penyebab aib dengan menciptakan antibodi.  

Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)

Vitamin D mempunyai sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi yang sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh. Sementara kejelekan vitamin D sering dikaitkan secara infeksi penyakit dan gangguan terpaut kekebalan.

Vitamin E

Vitamin E larut dalam lemak tubuh dan penting untuk menjaga fungsi biasa sel-sel kekebalan. Selain efek imunomodulatornya, vitamin E juga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di pada tubuh.

Asupan Vitamin E yang direkomendasikan pada orang 14 tahun ke atas adalah 15 mg. Vitamin E bisa didapatkan dari biji bunga matahari, almond, hingga kacang tanah.

Zinc

Zinc memiliki karakter penting dalam menjaga tubuh langgeng sehat dan bugar. Nutrisi ini mengaktifkan sekitar 300 enzim di dalam tubuh yang membantu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan pembelahan dan kemajuan sel, mempercepat menyembuhkan luka,   serta mensintesis protein dan DNA.  

Ilustrasi jamur. (Shutterstock)

Asupan zinc juga membantu mengurangi durasi flu biasa. Beberapa sumber zinc umumnya terdapat pada daging, kerang, mandung, kacang-kacangan, jambu mete, jamur, nilai labu, dan lain sebagainya.