Site Overlay

Bani Doyok Meninggal Karena Virus Corona, Kenali Gejalanya Terpaut Pencernaan!

Suara. com – Anak sulung komedian Doyok, Rolly meninggal dunia akibat virus corona Covid-19 kemarin malam, Sabtu (31/7/2021) pukul 21. 00 WIB. Sebelumnya, Doyok tidak tahu anaknya positif Covid-19 karena mengira hanya melempem lambung biasa.

“Waduh ya sekarang kita ikutin prokes aja, ternyata di swab positif (covid-19), nggak terang, ” ungkap Doyok saat dihubungi Suara. com, Minggu (1/8/2021).

Taat Doyok, Rolly memang mempunyai penyakit asam lambung dan sudah hampir sebulan penyakitnya kambuh. Sebelum meninggal, anaknya hanya mengalami mual, turun dan tidak nafsu makan tapi tidak demam.

“Sakit biasa aja. Bukan dedar apa, dia kan tersedia sakit asam lambung, sudah hampir sebulan. Nggak ada (gejala lain) asam lambung aja, makan muntah dahar muntah, gitu-gitu aja, ” jelasnya.

Baca Juga: CDC Sebut Varian Delta Lebih Menular dari MERS hingga Cacar Air!

Virus corona Covid-19 benar penyakit pernapasan. Tapi, virus ini bisa menyerang bagian tubuh lain dan melahirkan sejumlah gejala. Menurut ulasan yang dilansir dari Medical News Today , 53 persen orang yang dirawat sakit dengan virus corona Covid-19 menemui setidaknya satu gejala gastrointestinal (GI).

Sekarang ini serupa semakin banyak bukti kalau pasien Covid-19 bisa merasai gejala gastrointestinal. Bahkan, masalah gastrointestinal mendasar bisa meningkatkan risiko keparahan infeksi virus corona Covid-19.

komedian Doyok. [Instagram/doyok178]

Gejala gastrointestinal terpaut virus corona Covid-19

Umumnya, isyarat umum virus corona Covid-19 adalah batuk dan kesulitan bernapas. Tapi, virus corona Covid-19 juga bisa menjadikan gejala gastrointestinal yang meliputi:

  1. Tidak nafsu mamah
  2. Kehilangan indra penciuman dan rasa
  3. Diare
  4. Mual
  5. Muntah atau pendarahan GI

Ada juga masalah kesehatan terkait gastrointestinal lainnya yang terkait virus corona Covid-19, tapi betul jarang terjadi seperti kalium nitrat, refluks asam, gangguan penyerapan, radang usus besar serta pendarahan GI.

Baca Juga: Gejala Virus Corona dan Penyakit Musim Abu Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Studi awal menunjukkan gejala GI cenderung terjadi selama tahap awal infeksi virus corona Covid-19. Namun, Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi kapan petunjuk GI berkembang pada urusan virus corona Covid-19.