Site Overlay

AC Disebut Bisa Kurangi Penyebaran Virus Corona, Mitos Atau Fakta?

–>

Suara. com – Penyebaran virus corona atau Covid-19 melalui air conditioner atau pendingin ruangan sempat menjadi perdebatan.

Kini tampak anggapan bahwa ac atau pendingin udara bisa membantu mengurangi penyaluran virus corona. Benarkah?

Dilansir dari New York Post, pendingin udara pengampu bekerja dengan meresirkulasi dan menyaring udara di dalam ruang serta mencampurnya dengan udara luar.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Hanya secara membawa lebih banyak udara luar ke ruang interior, pendingin hawa membantu memerangi virus dengan jalan yang kecil, karena udara sungguh mengurangi risiko penularan virus corona dibandingkan dengan ruang terbatas.

Filter efisiensi tinggi udara partikulat (HEPA), yang dianggap sebagai standar emas penyaring AC, juga mampu menangkap bagian kecil, termasuk virus, Bloomberg mengadukan.

Baca Juga: Makin Buruk, Kematian karena Virus Corona di Brasil Telah Lebih dari 50. 000

“Perubahan pada operasi pembangunan, termasuk pengoperasian sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara, dapat mengurangi paparan udara, ” kata pernyataan resmi Asosiasi Pemanasan, Pendinginan, dan Pendingin Udara AS (ASHRAE).

“Sistem pendingin udara dapat mengurangi konsentrasi SARS-CoV-2 di hawa dan dengan demikian risiko transmisi melalui udara. ”

Namun, pengecualiannya adalah di ruang dengan ventilasi yang membatalkan.

Baca Juga: WHO Sebut Pandemi Virus Corona Memasuki Fase Baru dan Masih Berbahaya

“Ketika kita melihat laporan peristiwa penyebaran super dengan tampaknya melibatkan pendingin udara, biasanya berarti ada sedikit atau tak ada ventilasi di udara, ” kata profesor teknik arsitektur Universitas Negeri Pennsylvania William Bahnfleth.

Jadi, dalam kasus ruang yang berventilasi buruk, cukup membuka jendela adalah penyelesaian yang lebih baik daripada sirkulasi udara yang kurang baik.

Meski pada beberapa kasus AC tidak positif dalam pencegahan virus, ASHRAE menunjang fakta bahwa pendingin udara bertambah baik daripada buruk dalam konteksnya.

“Secara umum, menonaktifkan sistem pemanas, aliran udara, dan pendingin udara bukanlah modus yang disarankan untuk mengurangi transmisi virus, ” kata pernyataan itu

Scroll Up