Site Overlay

5 Fakta Terkini Seputar Vaksin Nusantara: Anang Ashanty Ikut Disuntik?

Suara. com berantakan Kabar terkini seputar vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto masih menjadi perbincangan hangat.

Terbaru, anggota DPR Anang Hermansyah dan istrinya Ashanty serupa menjadi relawan vaksin Nusantara.

Ingin tahu kabar terkini lainnya, menyimak rangkuman Suara. com berikut ini:

1. Akhirnya! BPOM Tolak Vaksin Nusantara Terawan, Dilarang Uji Klinis

Baca Juga: Mengacau Vaksin Nusantara, Kasad Andika Perkasa Diminta Bersikap

BOPM tolak vaksin Nusantara Terawan. Vaksin Nusantara Terawan dilarang uji klinis.

Peristiwa itu dikatakan Kepala Institusi Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito. BPOM juga tidak mau memberi izin untuk kelanjutan uji klinis fase ke-2 vaksin Nusantara.

Baca selengkapnya

2. Jadi Relawan Vaksin Nusantara Terawan, Aburizal Bakrie: Sudah Utang Nyawa

Dewan Pembina Golongan Golkar Aburizal Bakrie resmi mendapat suntikan vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (16/4/2021) siang. Vaksin itu disuntikkan langsung oleh dr Terawan Agus Putranto. [dokumentasi]

Beberapa periode lalu, sempat ramai diberitakan bahwa Dewan Pembina Kelompok Golkar Aburizal Bakrie menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin nusantara.

Baca Serupa: Di Pulih Vaksin Nusantara Terawan, Rocky Gerung: Ada Pemberontakan Hening

Tepat hari itu, ia mendapat suntikan vaksin nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (16/4/2021) terang. Bahkan, lelaki yang dekat disapa Ical itu disuntik langsung oleh Terawan Agus Putranto, salah satu inisiator vaksin tersebut.

Baca selengkapnya

3. Anang Hermansyah dan Ashanty Juga Menyimak Uji Klinis Vaksin Nusantara

Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty ikut divaksin Nusantara dalam RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. (Suara. com/Bagaskara).

Vaksin Nusantara terus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Setelah anggota DPR, kini pasangan selebritas Anang Hermansyah dan Ashanty memasukkan uji klinis Vaksin Nusantara.  

Kedatangan Anang Hermansyah dan Ashanty ke gedung tempat dilakukannya uji klinis Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, pada Jumat (16/4/2021) tentu saja menjadi sorotan.

Mengucapkan selengkapnya

4. Fakta-fakta Vaksin Nusantara: Penggagas maka Update Terbaru

Fakta vaksin Nusantara – Lab pembuatan Vaksin Nusantara di RSUP Kariadi [suara.com/Dafi Yusuf]

Perkembangan vaksin nusantara yang digagas sebab mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto kembali menjadi sorotan. Ada beberapa bukti Vaksin Nusantara terbaru yang perlu kalian ketahui.

Pasalnya, vaksin Nusantara diketahui langgeng melanjutkan uji klinis fase kedua. Padahal, vaksin ini belum mendapat izin atau Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinis (PPUK) dari pihak Awak Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga dianggap menyalahi aturan.

Baca selengkapnya

5. Uji Klinis dua Vaksin Nusantara Terobos Aturan, Ini Tanggapan Kepala BPOM

Besar Badan POM Penny K. Lukito. (Dok: BPOM)

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Sasaran (BPOM) Penny Lukito mengisbatkan bahwa pengawasan penelitian sudah dilakukan terhadap pembuatan vaksin dendritik atau vaksin Nusantara.  

Penny mengatakan bahwa penilaian terhadap uji klinik fase 1 vaksin Nusantara sudah dikasih dan hingga saat tersebut BPOM masih menunggu koreksi dokumen dari peneliti.  

Baca selengkapnya